PENULISAN MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR

Teknik Penulisan Makalah yang Baik dan Benar



BAB I
PENDAHULUAN
      1.1  Latar Belakang
Makalah merupakan salah satu karya tulis yang berisi mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu. Banyak masalah yang menghambat kemajuan dunia perbukuan di Indonesia.
Dari masalah mahalnya harga buku, produksi buku yang rendah, sampai kurangnya minat baca masyarakat. Dalam suatu makalah diperlukan kenyataan data yang ditemukan di lapangan serta tujuan pembahasan. Nilai suatu makalah dilihat dari isinya .
Karya Tulis Ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang dibuat dan dipublikasikan berdasarkan penelitian dan atau pengkajian yang telah dilakukan oleh penyusunnya berdasarkan teori dan fakta empiris dengan menaati kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah. Macam-macam karya tulis ilmiah antara lain : makalah, paper, esai, artikel, dan jurnal ilmiah. Kami akan  membahas lebih lanjut tentang teknik pembuatan makalah.
1.2 Rumusan Masalah
            1.2.1 Apa yang dimaksud dengan makalah ?
            1.2.2 Bagaimana langkah-langkah penulisan makalah ?
            1.2.3 Bagaimana sistematika penulisan makalah ?
            1.2.4 Apa saja komponen utama makalah ?
            1.2.5 Bagaimana karakteristik makalah ?

1.3 Tujuan Penulisan
      1.3.1 Untuk memenuhi tugas dari dosen pengampu
      1.3.2 Untuk mengetahui teknik penulisan makalah


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN MAKALAH
Menurut KBBI makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan;  karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.
Makalah adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan (Kusmayadi,2007).

2.2 LANGKAH-LANGKAH PENULISAN MAKALAH
Dalam pembuatan/ menyusun makalah, perlu diperhatikan langkah-langkah sebagai berikut :
      2.2.1  Mempelajari/ menganalisa topik yang akan ditulis
      
2.2.2  Menyusun pola pikir, meliputi :
              a.       Pokok masalah dalam
               b.   Menentukan tujuan dan ruang limgkup
     2.2.3  Pengumpulan bahan-bahan materi (referensi)
                 2.2.4   Menulis/ menyusun makalah dituntut :
                    a.       Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
                    b.       Susunan kalimat yang mudah dipahami
                    c.        Rangkaian uraian yang berkaitan
       
       2.3 SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH
Untuk mendukung terhadap penyusunan makalah yang baik, maka Makalah hendaknya disesuaikan  dengan sistematika sebagai berikut :
1. Lembar Judul 
    memuat : Judul makalah, Nama, NIM, Nama dan Tempat Perguruan tinggi, Tahun.
2. Lembar Pengesahan
3
Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Gambar (jika ada)
6. Daftar Tabel (jika ada)
7. Batang Tubuh Makalah , terdiri dari :

a. Pendahuluan  berisi pengantar ke permasalahan pokok yang memberikan
    gambaran tentang batasan dan tujuan penulisan. Isi pendahuluan + 15 %. Bab
    ini dibagi dalam 3 Sub Bab sebagai berikut :
    1. Latar Belakang,  memberikan penjelasan tentang manfaat/ pentingnya timbulnya Judul/ Topik untuk dibahas.
   2. Ruang Lingkup, Memberikan penjelasan tentang ruang lingkup permasalahan yang menjadi batasan pembahasan.
   3. Maksud dan Tujuan Penulisan, memberikan penjelasan tentang maksud penulisan makalah dan tujuan berisi tentang hal yang diinginkan pada penulisan makalah, sesuai dengan konteks permasalahan yang akan dibahas.

b.  Pembahasan ( ditulis topiknya )  merupakan isi dari makalah, berupa uraian yang relevan dengan         ruang lingkup. Isi pembahasan +75%, dengan pembagian meliputi :
          1. Uraian yang membahas pemecahan masalah sesuai dengan lsi topik.
          2. Dalam menguraikan pembahasan ini dapat menggunakan bahan referensi
              yang resmi.
          3. Bila mungkin dapat memuat f aktor-faktor penentu (faktor pendukung
              dan f aktor penghambat).
          4. Pada dasarnya uraian tersebut adalah untuk menjawab permasalahan
              dengan alternatif pemecahan masalah.

c.  Penutup, Pada bab yang terakhir ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang pada dasarnya               merupakan penegasan inti makalah yang dirumuskan dengan jelas, singkat, dan tegas. Isi penutup       + 10%, dengan pembagian meliputi:
          1. Kesimpulan Berisi jawaban dan permasalahan dalam bentuk resume atau ikhtisar dari                          permasalahan.
          2. Saran yang dimaksud di sini, merupakan usul atau pendapat dari penulis yang mengacu                        pada materi pembahasan. Hendaknya dikemukakan secara jelas dan kemungkinan dapat n                    dilaksanakan.

d.  Daftar Pustaka  merupakan acuan dalam penulisan makalah baik dari buku, surat kabar, internet,         dan sumber tertulis lainnya. Contoh penulisan daftar pustaka :
    Sunarto, Perpajakan, BPFE Universitas Taman Siswa Yogyakarta dan Air printing, Yogyakarta: 2OO2.

D. KOMPONEN UTAMA MAKALAH
Seperti kebanyakan format penulisan dokumen lain, makalah memiliki tiga komponen berbeda: bagian awal (pendahuluan), bagian tengah (isi makalah) dan bagian akhir (kesimpulan). Ada kalanya tiga komponen ini tidak secara eksplisit disebutkan, tetapi dapat diidentifikasikan melalui isi dan gaya penulisan.

1. Pendahuluan      
Fungsi utama pendahuluan adalah untuk memberikan gambaran informasi dari makalah yang akan    dibahas / didiskusikan. Anda dapat menuliskan pendahuluan dalam satu atau beberapa paragraf. Pendahuluan berisi lima sampai lima belas persen dari total keseluruhan makalah.
Pendahuluan harus mencakup beberapa hal:
                     o Memberikan penjelasan awal topik
                     o Memberikan definisi istilah / kata kunci (keyword).
                     o Menerangkan topik diskusi secara signifikan.
                     o Bagaimana mengindentifikasikan topik diskusi.
                     o Memberi batasan pendapat yang akan didiskusikan.
                     o Tujuan / hasil yang diharapkan.

        Contoh Pendahuluan dari contoh makalah dengan Judul : Merancang Latihan, Tugas dan Alat Evaluasi.
Latar Belakang
Keberadaan ilmu strategi pengajaran dalam sistem pendidikan memerlukan upaya serius untuk tercapainya perkembangan yang optimal dari setiap peserta didik. Dengan demikian ……..
Dewasa ini ilmu strategi pengajaran sudah berkembang merancang latihan, tugas dan evaluasi merupakan salah satu bahasan dalam ilmu strategi pengajaran. Keberhasilan guru merancang materi pengajaran termasuk merancang latihan, tugas dan evaluasi yang merjupakan alat untuk …………
Tujuan setelah mempelajari materi ini melalui telaahan bahan bacaan ……..
para mahasiswa diharapkan: ………..

2. Batang Tubuh Makalah (Pokok Bahasan).
Batang tubuh makalah merupakan isi daripada makalah yang menjelaskan informasi detail dan pembentukkan pendapat tentang topik yang dibahas. Ketika membaca bagian ini, pembaca makalah akan dengan mudah menemukan informasi yang bermanfaat tentang pokok bahasan, dan meyakinkan bahwa sudut pandang yang anda berikan adalah benar. Batang tubuh makalah biasanya mengisi sebesar tujuh puluh sampai sembilan puluh persen (70% – 90%) dari total keseluruhan makalah tersebut.

Anda harus yakin bahwa batang tubuh / pokok bahasan makalah Anda:
  • Menyajikan informasi dan alasan-alasan (pendapat) dalam metode / cara yang saling mendukung dan logic.
  • Dukung pendapat / pokok bahasan Anda dengan literatur dan contoh-contoh.



Contoh Batang Tubuh dari contoh judul makalah : Merancang Latihan, Tugas dan Alat Evaluasi

A. Tujuan Pengajaran
     Menurut Bloom, taksonomi tujuan pengajaran dibedakan dalam 3 kawasan (domain)                           yaitu………….
B. Merancang Latihan dan Tugas
    ………. Teknik pemberian latihan dan tugas ini biasanya digunakan dengan tujuan agar siswa              ………….. ………… Juga perlu diingat, bahwa semua guru pasti memberi ………. Akibatnya            latihan dan tugas itu terlalu banyak diberikan kepada siswa, menyebabkan siswa mengalami                kesukaran ……..
C. Merancang Alat Evaluasi
    …………. Untuk memperjelas pengertian alat atau instrumen, terapkan pada dua cara mengupas        kelapa, ……………..
           
3. Kesimpulan
Dalam kesimpulan, makalah Anda harus menggambarkan pendapat / alasan utama Anda, dan buat pula sudut pandang / pandangan Anda yang telah Anda ajukan secara tegas. Ini memberikan pengertian yang lengkap pada makalah Anda.
Kesimpulan Anda harus mencakup:
·   Menyajikan kembali pendapat / alasan utama Anda atau mengingatkan pembaca akan                          bahasan Anda.
                     ·      Ringkasan pokok-pokok bahasan anda.
                   ·      Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau memberikan ulasan / bahasan makalah.
Materi atau gagasan baru biasanya tidak diperkenalkan dalam kesimpulan. Itu akan mengalihkan perhatian pembaca dan membuat pembaca merasa anda tidak kompeten terhadap informasi yang didiskusikan.


Contoh Kesimpulan dari judul makalah ”Merancang Latihan, Tugas dan Alat Evaluasi” 
……… bahwa keberhasilan pengajaran dan pembelajaran salah satunya, tergantung pada keberhasilan guru merancang materi pengajaran termasuk merancang latihan, tugas dan alat evaluasi yang merupakan alat untuk mencapai sasaran belajar ………..

E. KARAKTERISTIK MAKALAH
    Makalah mahasiswa yang dimaksudkan dalam hal ini memiliki karakteristik sebagai berikut :
        ·  Diangkat dari suatu kajian literatur dan atau laporan pelaksanaan kegiatan lapangan.
        ·   Ruang lingkup makalah berkisar pada cakupan permasalahan dalam suatu mata kuliah.
        ·  Memperlihatkan kemampuan mahasiswa tentang permasalahan teoritis yang dikaji atau dalam             menerapkan suatu prosedur, prinsip atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan.
       ·  Memperlihatkan kemampuan para mahasiswa dalam memahami isi dari sumber-sumber yang              digunakan.
       ·  Menunjukkan kemampuan mahaiswa dalam merangkai berbagai sumber informasi sebagai satu           kesatuan sintesis yang utuh.


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1 Kesimpulan
Makalah adalah karangan ilmiah yang dibuat berdasarkan pengamatan dan atau penelitian tentang suatu hal yang biasanya dipresentasikan pada suatu seminar, sidang, atau diskusi. Dalam pembuatan makalah, kita harus memperhatikan aturan penulisan yang baik dan benar.

3.2 Saran
            Bagi mahasiswa disarankan untuk mempelajari teknik – teknik pembuatan makalah yang baik dan benar. Selain itu disarankan kepada mahasiswa untuk mencari referensi yang terkait dengan permasalahan yang dibahas.



DAFTAR PUSTAKA

Kusmayadi,Ismail. 2007. Think Smart Bahasa     Indonesia. Bandung : Grafindo Media Pratama.







Sumber : 
http://narutocf35.blogspot.com/2013/03/teknik-penulisan-makalah.html?m=1




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Tugas Akhir

PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN

Contoh Penulisan Jurnal Teknik Sipil : Transportasi