PENULISAN MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR
Teknik Penulisan Makalah yang Baik dan Benar
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Makalah merupakan salah satu karya tulis yang berisi mengenai suatu topik
tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu. Banyak masalah yang
menghambat kemajuan dunia perbukuan di Indonesia.
Dari masalah mahalnya harga buku, produksi buku yang rendah, sampai
kurangnya minat baca masyarakat. Dalam suatu makalah diperlukan kenyataan data
yang ditemukan di lapangan serta tujuan pembahasan. Nilai suatu makalah dilihat
dari isinya .
Karya Tulis Ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang dibuat dan
dipublikasikan berdasarkan penelitian dan atau pengkajian yang telah dilakukan
oleh penyusunnya berdasarkan teori dan fakta empiris dengan menaati
kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah. Macam-macam karya tulis ilmiah antara
lain : makalah, paper, esai, artikel, dan jurnal ilmiah. Kami akan membahas lebih lanjut tentang teknik pembuatan makalah.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Apa yang dimaksud
dengan makalah ?
1.2.2
Bagaimana langkah-langkah penulisan makalah ?
1.2.3
Bagaimana sistematika penulisan makalah ?
1.2.4
Apa saja komponen utama makalah ?
1.2.5
Bagaimana karakteristik makalah ?
1.3 Tujuan Penulisan
1.3.1 Untuk memenuhi tugas dari dosen pengampu
1.3.2 Untuk mengetahui teknik penulisan makalah
1.3.1 Untuk memenuhi tugas dari dosen pengampu
1.3.2 Untuk mengetahui teknik penulisan makalah
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN MAKALAH
Menurut KBBI makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang
dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang
sering disusun untuk diterbitkan; karya
tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah
atau perguruan tinggi.
Makalah adalah
karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang
lingkup pengetahuan (Kusmayadi,2007).
2.2
LANGKAH-LANGKAH PENULISAN MAKALAH
Dalam pembuatan/ menyusun
makalah, perlu diperhatikan langkah-langkah sebagai berikut :
2.2.1 Mempelajari/
menganalisa topik yang akan ditulis
2.2.2 Menyusun pola pikir, meliputi :
2.2.2 Menyusun pola pikir, meliputi :
a. Pokok masalah
dalam
b. Menentukan
tujuan dan ruang limgkup
2.2.3 Pengumpulan bahan-bahan materi (referensi)
2.2.4 Menulis/ menyusun makalah dituntut :
a. Penggunaan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar
b. Susunan
kalimat yang mudah dipahami
c. Rangkaian
uraian yang berkaitan
2.3 SISTEMATIKA
PENULISAN MAKALAH
Untuk mendukung terhadap penyusunan makalah
yang baik, maka Makalah hendaknya disesuaikan dengan sistematika sebagai
berikut :
1. Lembar Judul
memuat : Judul makalah, Nama, NIM, Nama
dan Tempat Perguruan tinggi, Tahun.
2. Lembar Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Gambar (jika ada)
6. Daftar Tabel (jika ada)
7. Batang Tubuh Makalah , terdiri dari :
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Gambar (jika ada)
6. Daftar Tabel (jika ada)
7. Batang Tubuh Makalah , terdiri dari :
a. Pendahuluan berisi pengantar ke permasalahan pokok yang
memberikan
gambaran tentang batasan dan tujuan penulisan. Isi
pendahuluan + 15 %. Bab
ini dibagi dalam 3 Sub Bab sebagai berikut :
1. Latar Belakang, memberikan penjelasan tentang
manfaat/ pentingnya timbulnya Judul/ Topik untuk dibahas.
2. Ruang Lingkup, Memberikan penjelasan tentang ruang
lingkup permasalahan yang menjadi batasan pembahasan.
3. Maksud dan Tujuan Penulisan, memberikan penjelasan
tentang maksud penulisan makalah dan tujuan berisi tentang hal yang
diinginkan pada penulisan makalah, sesuai dengan konteks permasalahan
yang akan dibahas.
b. Pembahasan ( ditulis topiknya ) merupakan isi dari
makalah, berupa uraian yang relevan dengan ruang lingkup. Isi pembahasan +75%,
dengan pembagian meliputi :
1. Uraian yang membahas pemecahan masalah sesuai
dengan lsi topik.
2. Dalam menguraikan pembahasan ini dapat menggunakan
bahan referensi
yang resmi.
3. Bila mungkin dapat memuat f aktor-faktor penentu (faktor
pendukung
dan f aktor penghambat).
4. Pada dasarnya uraian tersebut adalah untuk menjawab
permasalahan
dengan alternatif pemecahan masalah.
c. Penutup, Pada bab yang terakhir ini berisi tentang kesimpulan
dan saran yang pada dasarnya merupakan penegasan inti makalah yang dirumuskan
dengan jelas, singkat, dan tegas. Isi penutup + 10%, dengan pembagian meliputi:
1. Kesimpulan Berisi jawaban dan permasalahan dalam bentuk
resume atau ikhtisar dari permasalahan.
2. Saran yang dimaksud di sini, merupakan usul atau pendapat
dari penulis yang mengacu pada materi pembahasan. Hendaknya
dikemukakan secara jelas dan kemungkinan dapat n dilaksanakan.
d. Daftar Pustaka merupakan acuan dalam penulisan makalah
baik dari buku, surat kabar, internet, dan sumber tertulis lainnya. Contoh penulisan daftar pustaka :
Sunarto, Perpajakan, BPFE Universitas Taman Siswa Yogyakarta dan Air
printing, Yogyakarta: 2OO2.
D. KOMPONEN UTAMA
MAKALAH
Seperti
kebanyakan format penulisan dokumen lain, makalah memiliki tiga komponen
berbeda: bagian awal (pendahuluan), bagian tengah (isi makalah) dan bagian
akhir (kesimpulan). Ada kalanya tiga komponen ini tidak secara eksplisit
disebutkan, tetapi dapat diidentifikasikan melalui isi dan gaya penulisan.
1.
Pendahuluan
Fungsi
utama pendahuluan adalah untuk memberikan gambaran informasi dari makalah yang
akan dibahas / didiskusikan. Anda dapat menuliskan pendahuluan dalam satu atau
beberapa paragraf. Pendahuluan berisi lima sampai lima belas persen dari total
keseluruhan makalah.
Pendahuluan harus
mencakup beberapa hal:
o
Memberikan penjelasan awal topik
o
Memberikan definisi istilah / kata kunci (keyword).
o
Menerangkan topik diskusi secara signifikan.
o
Bagaimana mengindentifikasikan topik diskusi.
o
Memberi batasan pendapat yang akan didiskusikan.
o
Tujuan / hasil yang diharapkan.
Contoh
Pendahuluan dari contoh makalah dengan Judul : Merancang Latihan, Tugas dan
Alat Evaluasi.
Latar Belakang
Keberadaan
ilmu strategi pengajaran dalam sistem pendidikan memerlukan upaya serius untuk
tercapainya perkembangan yang optimal dari setiap peserta didik. Dengan
demikian ……..
Dewasa ini ilmu
strategi pengajaran sudah berkembang merancang latihan, tugas dan evaluasi
merupakan salah satu bahasan dalam ilmu strategi pengajaran. Keberhasilan guru
merancang materi pengajaran termasuk merancang latihan, tugas dan evaluasi yang
merjupakan alat untuk …………
Tujuan setelah
mempelajari materi ini melalui telaahan bahan bacaan ……..
para mahasiswa
diharapkan: ………..
2. Batang Tubuh
Makalah (Pokok Bahasan).
Batang tubuh makalah merupakan isi daripada makalah yang
menjelaskan informasi detail dan pembentukkan pendapat tentang topik yang
dibahas. Ketika membaca bagian ini, pembaca makalah akan dengan mudah menemukan
informasi yang bermanfaat tentang pokok bahasan, dan meyakinkan bahwa sudut
pandang yang anda berikan adalah benar. Batang tubuh makalah biasanya mengisi
sebesar tujuh puluh sampai sembilan puluh persen (70% – 90%) dari total
keseluruhan makalah tersebut.
Anda harus yakin
bahwa batang tubuh / pokok bahasan makalah Anda:
- Menyajikan informasi dan alasan-alasan (pendapat) dalam metode / cara yang saling mendukung dan logic.
- Dukung pendapat / pokok bahasan Anda dengan literatur dan contoh-contoh.
Contoh Batang
Tubuh dari contoh judul makalah : Merancang Latihan, Tugas dan Alat Evaluasi
A. Tujuan
Pengajaran
Menurut Bloom,
taksonomi tujuan pengajaran dibedakan dalam 3 kawasan (domain) yaitu………….
B. Merancang
Latihan dan Tugas
………. Teknik
pemberian latihan dan tugas ini biasanya digunakan dengan tujuan agar siswa ………….. ………… Juga perlu diingat, bahwa semua guru pasti memberi ………. Akibatnya latihan dan tugas itu terlalu banyak diberikan kepada siswa, menyebabkan siswa
mengalami kesukaran ……..
C. Merancang Alat
Evaluasi
…………. Untuk
memperjelas pengertian alat atau instrumen, terapkan pada dua cara mengupas kelapa, ……………..
3. Kesimpulan
Dalam kesimpulan, makalah Anda harus
menggambarkan pendapat / alasan utama Anda, dan buat pula sudut pandang /
pandangan Anda yang telah Anda ajukan secara tegas. Ini memberikan pengertian
yang lengkap pada makalah Anda.
Kesimpulan Anda harus mencakup:
· Menyajikan kembali pendapat / alasan utama Anda atau
mengingatkan pembaca akan bahasan Anda.
· Ringkasan pokok-pokok bahasan anda.
· Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau memberikan ulasan
/ bahasan makalah.
Materi atau gagasan baru
biasanya tidak diperkenalkan dalam kesimpulan. Itu akan mengalihkan perhatian
pembaca dan membuat pembaca merasa anda tidak kompeten terhadap informasi yang
didiskusikan.
Contoh Kesimpulan dari judul makalah ”Merancang Latihan,
Tugas dan Alat Evaluasi”
……… bahwa keberhasilan pengajaran dan pembelajaran salah satunya,
tergantung pada keberhasilan guru merancang materi pengajaran termasuk
merancang latihan, tugas dan alat evaluasi yang merupakan alat untuk mencapai
sasaran belajar ………..
E. KARAKTERISTIK
MAKALAH
Makalah mahasiswa yang dimaksudkan dalam hal ini
memiliki karakteristik sebagai berikut :
· Diangkat dari suatu kajian literatur dan atau laporan pelaksanaan kegiatan
lapangan.
· Ruang lingkup makalah berkisar pada cakupan permasalahan dalam suatu
mata kuliah.
· Memperlihatkan kemampuan mahasiswa tentang permasalahan teoritis yang
dikaji atau dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip atau teori yang
berhubungan dengan perkuliahan.
· Memperlihatkan kemampuan para mahasiswa dalam memahami isi dari
sumber-sumber yang digunakan.
· Menunjukkan kemampuan mahaiswa dalam merangkai berbagai sumber informasi
sebagai satu kesatuan sintesis yang utuh.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Makalah adalah karangan ilmiah yang dibuat berdasarkan pengamatan dan atau
penelitian tentang suatu hal yang biasanya dipresentasikan pada suatu seminar,
sidang, atau diskusi. Dalam pembuatan makalah, kita harus memperhatikan aturan
penulisan yang baik dan benar.
3.2 Saran
Bagi
mahasiswa disarankan untuk mempelajari teknik – teknik pembuatan makalah yang
baik dan benar. Selain itu disarankan kepada mahasiswa untuk mencari referensi
yang terkait dengan permasalahan yang dibahas.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber :
http://narutocf35.blogspot.com/2013/03/teknik-penulisan-makalah.html?m=1
Komentar
Posting Komentar