Apa sih Etika itu?

Moral dan Etika

Kali ini saya akan membahas apa sih Etika itu? Mungkin kata itu sering terdengar dimana – mana. Selain membahas etika saya juga akan membahas moral yang saling berkaitan. Dan bagaimana saya harus beretika sebagai seorang mahasiswa dan individu.

Apa itu Etika?

Etika adalah ilmu yang mengatur manusia dalam berperilaku di kehidupan sehari – hari maupun dalam bermasyarakat. Bila seseorang beretika, pasti orang itu akan memahami norma yang berlaku dalam kehidupan. Etika juga membahas ilmu tentang baik dan buruk, benar dan salah moral dalam kehidupan. Etika sangat berhubungan erat dengan Moral. Moral adalah tingkah laku manusia yang dapat diukur dari sudut baik maupun buruk. Moral dapat berupa kesetiaan, kepatuhan terhadap nilai dan norma yang mengikat kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara.

Apa sih perbedaan Etika dan Moral??

Secara konteks etika adalah sebagai ilmu pengetahuannya, sedangkan moral adalah obyek ilmu pengetahuannya. Jika etika harus dihubungkan dengan moral, maka akan saling memiliki keterkaitan. Etika adalah kelompok praktis (membahas manusia bersikap terhadap apa yang ada).
  •  Etika umum, prinsip yang berlaku bagi setiap tindakan
  • Etika khusus, prinsip yang berhubungan dengan aspek kehidupan, baik sebagai individu atau makhluk sosial.

Moralitas berasal dari tradisi atau adat istiadat, agama atau sebuah idelogi.
  •  Moral memuat pandangan tentang niali dan norma yang terdapat pada sekelompok manusia
  •  Moral merupakan anggapan tentang apa yang bernilai kewajiban



Bagaimana saya harus beretika sebagai mahasiswa maupun inividu??

Sejak TK pasti kita sudah diajarkan bagaimana kita harus bersikap terhadap oranglain salahsatunya adalah sopan santun. Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki masyarakat dengan sopan santun yang cukup tinggi. Sampai sekarang kita masih menerapkan sikap sopan santun tersebut. Contohnya adalah bila kita menaiki kendaraan umum. Walaupun kita lelah setelah melakukan aktifitas kita jangan duduk dan berpura – pura tidur, karena pasti ada seseorang yang lebih membutuhkan tempat duduk itu alangkah baiknya kita segera memberikan tempat duduk tersebut. Nah, sikap tersebut harus terus kita terapkan terus menerus, karena dunia itu berputar. Pasti suatu saat nanti kita juga membutuhkannya.




Itulah pendapat saya tentang Etika dan Moral. Sekian dan Terima Kasih. Maaf bila ada kesalahan dalam penulisan saya kali ini. Karena saya hanyalah manusia biasa yang memiliki banyak kesalahan. ^6^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Tugas Akhir

PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN

Contoh Penulisan Jurnal Teknik Sipil : Transportasi