MASALAH SOSIAL : KERUSAKAN LINGKUNGAN DI INDONESIA

MASALAH SOSIAL DI INDONESIA

            Indonesia merupakan negara berkembang. Sehingga masih banyak permasalahan yang belum terselesaikan. Masalah – masalah tersebut dapat terjadi mulai dari bidang perekonomian, politik, hingga kerusakan lingkungan, dan masih banyak lagi. Masyarakat turut berperan dalam menyelesaikan masalah yang ada. Kali ini saya akan membahas masalah sosial tentang masalah “Kerusakan Lingkungan”.
Kerusakan lingkungan di Indonesia sudah semakin parah. Penyebabnya sangat kompleks. Mulai dari perairan yang bisa tercemar karena ulah manusia, misalnya membuang sampah ke sungai dan menangkap ikan dengan menggunakan pestisida. Sungai, danau, atau waduk juga menjadi tercemar kalau pabrik-pabrik membuang limbah industri ke sana. Pencemaran mengakibatkan matinya ikan dan makhluk lainnya yang hidup di air. Akhirnya, manusia juga menderita kerugian. 
Selain itu juga ada penggundulan hutan secara liar dengan cara membakarnya.  Penyebabnya udara menjadi tercemar dan bisa membuat lapisan ozon semakin  menipis. Karena berkurangnya pohon. Cara kita untuk melindunginya membuat taman kota dan menanam pohon sebanyak – banyaknya.

Adapun usaha dalam mengatasi masalah kerusakan dengan cara sebagai berikut:
  •      Mengikutsertakan masyarakat dalam rangka menanggulangi permasalahan lingkungan
  •       Menerapkan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan
  •            Tidak membuang sampah sembarangan
  •        Reboisasi di daerah pegunungan, dimana daerah tersebut berfungsi sebagai reservoir air, tata air, peresapan air, dan keseimbangan lingkungan.
  •      Adanya pengendalian terhadap kendaraan bermotor yang memiliki tingkat pencemaran tinggi sehingga menimbulkan polusi.


Kesimpulan:                                                                            
Masalah sosial di Indonesia sebenarnya bisa di selesaikan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Agar meringankan pekerjaan rumah pemerintah.




Maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Tugas Akhir

PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN

Contoh Penulisan Jurnal Teknik Sipil : Transportasi